Pentingnya sebuah perencanaan keuangan

Pentingnya perencanaan keuangan at carigue.com

Bersama Investasi Saham dan Reksa dana Online di Pasar Modal Indonesia.

Halo partner! Perencanaan keuangan itu penting! Namun seberapa pentingnya perencanaan keuangan? Dan bagaimana perencaan keuangan dapat membedakan kehidupan partner? Mari kita sama-sama lihat di ulasan berikut.

“Everybody has a plan until they get punched in the face..”, Mike Tyson

Siapa yang tak kenal dengan Mike Tyson? Mungkin hampir sebagian besar dari pembaca di sini mengenal mantan Juara Dunia petinju kelas berat dunia termuda sepanjang sejarah. Dia meraih $30 juta (sekitar Rp 360 miliar) selama karirnya tersebut.

Tapi siapa yang mengetahui nasib Mike Tyson itu sekarang? Saya yakin justru hanya sebagian kecil pembaca disini yang mengetahui nasibnya saat ini. Kini, nasib si raja Knock Out itu justru sedang sempoyongan. “Tiga tahun lalu saya tak punya rumah. Saya butuh uang untuk menjaga agar serigala tak memasuki pintu,” tutur Tyson seperti dikutip dari The Sun, Senin 5 Maret 2012. Harian The New York Times melaporkan Tyson memiliki utang U$23 juta dolar atau Rp207 miliar. Tyson akhirnya mengumumkan dirinya bangkrut. Ia mendaftarkan pengakuan bangkrut itu pada 22 Desember 2003 di Pengadilan Kebangkrutan Amerika Serikat di Manhattan.

Mike Tyson meraih 360 miliar rupiah saat menjadi petinju, dan bangkrut pada Desember 2003 dengan hutang 207 miliar rupiah

Beruntung, lanjutnya, seorang penggemar nun jauh di Inggris sana, datang menolong. Memberi uang. Menampilkannya dalam sejumlah acara talkshow. Dari uang itulah Tyson mendanai acara teater. Penonton membayar. Mike Tyson adalah contoh bahwa hidup bisa diputar ke sisi yang berseberangan. Dulu hidup dari bertarung di ring, kini hidup dari membanyol. Dulu para penonton ngeri melihat keberingasannya, kini mereka terbahak-bahak. Dua-duanya sama gunanya. Menyambung hidup. Generasi muda kini lebih mengenal Tyson sebagai pemain teater dan film ketimbang sebagai petinju legendaris. Salah satu proyek terbaik yang dihasilkan olehnya adalah “Hang Over”.
Alasannya dibalik kebangkrutan Tyson? Selain banyak kasus kriminal yang menggelayutinya, kehidupan Tyson sangat boros dan tanpa perencanaan keuangan sama sekali. Hampir sebagian besar uangnya di habiskan untuk keperluan biaya pemeliharaan harimau, membeli rumah mewah hingga membayar tunjangan perceraian.

Boros dan tanpa perencanaan keuangan memaksa Mike untuk melawak, dari awalnya bertarung di ring

Sadarkah anda bahwa nilai uang anda selalu turun? Saat ini bisa beli mobil Mercy, mungkin dengan jumlah yang sama di masa depan hanya bisa membeli Avanza. Inflasi adalah musuh utama. Jika anda menabung dengan bunga 4% pertahun, namun harga barang naik 7% pertahun, maka secara tidak sadar anda seperti kehilangan 3% per tahunnya.

Sementara itu berinvestasi juga tidak bisa sembarang untuk dilakukan. Perlu dana yang besar, keahlian, pengalaman, dan waktu yang di dedikasikan khusus untuk itu. Reksadana bisa dijadikan solusi, dimana Pemodal dengan dana dan waktu terbatas dapat berinvestasi pada berbagai instrumen keuangan dengan keuntungan yang optimal dan resiko minimal seperti layaknya Pemodal besar.

Nilai uang turun, inflasi 7% menyebabkan tabungan dengan bunga 4% kehilangan 3% per tahunnya, reksadana bisa dijadikan solusi

Partner sudah lihat kan bagaimana tidak adanya perencanaan keuangan membuat uang cepat sekali habis dan bangkrut. Lalu bagaimana harus merencanakan keuangan? Walaupun reksadana dapat menjadi solusi, banyak sekali cara yang dapat ditempuh untuk perencanaan keuangan. Perlu konsultasi terkait perencanaan keuangan dan dana masa depan? Dapatkan konsultasi keuangan dan informasi menarik lainnya dengan mengisi data diri anda di Contact Us.

Sumber: http://phillipsecuritiesindonesia.blogspot.co.id/2014/11/pentingnya-sebuah-perencanaan-keuangan.html

Pentingnya sebuah perencanaan keuangan
Tagged on:                                 

One thought on “Pentingnya sebuah perencanaan keuangan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>