Telur atau ayam dulu? Bisnis pun punya masalah ini!

Masalah telur ayam dulu at carigue.com

Bersama Reliable and Trustworthy IT Solution at www.icecubesolution.com.

Halo partner! Partner tahu kan perdebatan antara mana yang muncul terlebih dulu, telur dulu atau ayam dulu. Lalu tahukah partner bahwa ada bisnis dengan permasalahan yang sama seperti ini? Bingung ya? Yuk mari sama-sama kita bahas di sini.

Perdebatan antara ayam dulu atau telur dulu yang hadir ke dunia dikarenakan ayam lahir dari telur, dan telur dihasilkan ayam. Salah satunya menghasilkan yang lain. Tanpa ada yang satu, yang lain tidak bisa hadir. Jadi, mana yang hadir duluan antara ayam dan telur selalu menjadi perdebatan.

Begitu pula dalam bisnis dan beberapa hal lainnya yang terkait dengan komunitas. Salah satunya pada sistem operasi awal apple, Mac Os. Pada awal kehadirannya, Mac Os tidak memiliki pengguna dan tidak ada applikasi-applikasi yang dapat digunakan. Pengembang akan mau mengembangkan applikasi bila sistem memiliki pengguna, dan pengguna akan menggunakan sistem bila sudah memiliki applikasi. Nah partner, sudah mulai paham kah apa yang dimaksud di sini?

Salah satu contoh yang mungkin partner paling paham adalah situs jual beli online seperti bukalapak.com, olx.co.id, tokopedia.com. Mereka memerlukan penjual (vendor) dan pembeli (customer) untuk dapat berjalan. Lalu bagaimana mereka dapat menarik penjual sementara tidak ada pembeli? Dan bagaimana mereka dapat menarik pembeli sementara tidak ada penjual?

Bagaimana situs jual beli online menarik pembeli tanpa penjual? Bagaimana mereka menarik penjual tanpa pembeli?

Solusi untuk permasalahan ini berbeda-beda untuk tiap-tiap jenis bisnis. Untuk bisnis yang sederhana seperti situs jual beli online atau sosial media, caranya cukup mudah. Pemasaran dan iklan yang gencar, percobaan gratis selama masa promosi dan sistem berbasis komisi umumnya berhasil untuk mengumpulkan penjual dan pembeli. Kompetisi dalam mengumpulkan “like” di facebook juga sering menjadi alternatif yang efektif.

Contoh terbaik lainnya adalah bisnis startup yang sedang populer akhir-akhir ini, go-jek. Tanpa pengendara, tidak ada penumpang yang akan menggunakan go-jek dan tanpa penumpang, tidak ada yang mau jadi pengendara. Solusinya? Saya cukup yakin pada awalnya mereka akan mempekerjakan beberapa pengendara-pengendara secara langsung, mungkin iming-iming gaji bulanan ditambah komisi atau semacamnya. Pendiri go-jek pun mengakui pada awalnya ia sulit mencari pengemudi go-jek. Lalu dengan pemasaran yang gencar, promosi seperti saldo go-jek dan tarif rata 10 ribu ke mana saja mengundang penumpang untuk menggunakan go-jek. Dengan banyaknya penumpang, tentu lebih mudah menarik pengendara seperti yang sudah terjadi saat ini.

Tanpa penumpang, go-jek kesulitan mencari pengemudi, dan diselesaikan dengan usaha merekrut sendiri dan iming-iming keuntungan besar

Sekedar tambahan, hal yang sama juga terjadi dengan sistem operasi smartphone yang banyak digunakan, Android. Sistem operasi ini awalnya tidak memiliki banyak applikasi dan tanpa applikasi, tidak ada yang mau menggunakan. Solusinya? Google mengadakan Android Developer Challange dengan total hadiah sebesar 10 juta US dolar, sebelum android populer. Microsoft saat meluncurkan Windows 3, dapat menjalankan applikasi pada sistem operasi sebelumnya, DOS, dan DOS pun dapat menjalankan applikasi pada sistem operasi sebelumnya, CP/M.

Paham partner? Bila bisnis anda dihadapkan dengan masalah ini, dapatkan penyediaan jasa terlebih dulu (penjual, pengemudi, applikasi). Setelahnya, lakukan pemasaran dengan gencar dan dapatkan pelanggan, sehingga sistem akan bekerja dengan sendirinya.

Dapatkan penyediaan jasa terlebih dulu (pengemudi dalam go-jek dan penjual dalam jual beli online), lakukan pemasaran dan iklan setelahnya

Jadi partner, perlu perencanaan yang matang dalam berbisnis. Dapatkan informasi lebih lengkap dan penawaran menarik dengan mengisi data diri anda di Contact Us.

Sumber: http://www.joelonsoftware.com/articles/fog0000000054.html

Telur atau ayam dulu? Bisnis pun punya masalah ini!
Tagged on:                                 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>