Asuransi sebagai investasi jangka panjang

Asuransi investasi jangka panjang at carigue.com

Bersama Asuransi dan Proteksi.

Halo partner! Setelah membaca artikel mengenai reksadana, apakah partner tertarik dengan reksadana sebagai investasi jangka panjang? Ataukah partner sedang mencari investasi jangka panjang lainnya? Ternyata asuransi dapat menjadi pilihan investasi jangka panjang loh! Tidak percaya? Yuk kita simak ilustrasi berikut.

Seorang pria yang berprofesi sebagai pilot, yang berusia 41 tahun, bernama Mr. A, mempunyai sebuah keluarga harmonis yang dikaruniai seorang anak laki-laki berumur 4 tahun.

Sebagai seorang pilot yang mempunyai jam terbang tinggi, dan tentunya mempunyai resiko yang tinggi pula dalam pekerjaannya, Mr. A merencanakan keuangannya untuk kelangsungan hidup keluarganya di masa depan, apabila Mr. A mengalami resiko dalam menjalankan pekerjaannya.

Mr. A memilih tabungan di Manulife, di mana setiap semester (6 bulan), Mr. A menabung di Manulife sejumlah 8,2 juta rupiah, atau sekitar 1,35 juta per bulan. Bila kita menganggap Mr. A menabung selama 20 tahun, itu sama dengan Mr. A menabung sebesar 328 juta rupiah.

Tetap sehat setelah 20 tahun

Katakanlah seperti harapan semua orang, Mr. A tetap hidup sehat sampai 20 tahun kemudian (usia 61 tahun). Dengan tabungan asuransi yang Mr. A miliki, maka ia mempunyai tabungan pensiun sebesar 637 juta rupiah, dan pada usia 70 tahun mempunyai tabungan 2 miliar rupiah (asumsi pengembangan 14% per tahun dan tidak pernah diambil).

Jadi apabila kita selisihkan dengan jumlah tabungan yang dibayarkan Mr. A selama 20 tahun sebesar 328 juta rupiah, maka Mr. A mendapatkan penambahan 309 juta rupiah. Dan nilai tersebut belum menghitung tabungan 2 miliar rupiah yang masih dapat diambil di umur 70. Apakah nilai tersebut masih dianggap tidak fantastis dan investasi lain lebih menarik? Mari kita lihat kasus berikutnya.

Hasil pensiun asuransi melebihi dua kali dari total premi yang dibayarkan, belum ditambah tabungan asuransi

Hal yang tidak diinginkan

Tetapi, apabila Mr. A mengalami ketidakmampuan total akibat kecelakaan dalam menjalani pekerjaan atau dalam kehidupan sehari-hari, misalnya pada usia ke-63, maka Mr. A mendapatkan tunjangan selama 24 bulan sebesar 20 juta rupiah. Kemudian tabungan Mr. A akan tetap dilanjutkan sampai Mr. A berusia 65 tahun.

Bila suatu hari, Mr. A mengalami ketidakmampuan total dan meninggal, maka ahli waris Mr. A tetap akan mendapatkan 20 juta rupiah/bulan sampai kontrak 24 bulan selesai, serta warisan sebesar 500 juta rupiah ditambah nilai polis.

Jadi bila Mr. A mengalami kecelakaan, maka:

  • bila terjadi resiko meninggal, Mr. A telah mewariskan aset sejumlah 500 juta rupiah ditambah 637 juta rupiah (nilai polis di usia 61 asumsi pengembangan 14% per tahun dan tidak pernah diambil) dengan total 1,137 miliar rupiah
  • bila terjadi resiko ketidakmampuan total di usia 61 tahun, Mr. A mendapatkan tunjangan sebesar 20 juta rupiah/bulan selama 24 bulan ditambah tabungan per semester dibayarkan hingga usia 65 tahun, total melebihi 480 juta rupiah
  • bila terjadi resiko ketidakmampuan total dan meninggal, maka Mr. A akan tetap mendapatkan tunjangan sebesar 20 juta rupiah/bulan selama 24 bulan ditambah warisan 500 juta rupiah ditambah nilai polis (bila ada)

Dari menabung sebesar 328 juta rupiah selama 20 tahun, maka Mr. A bisa mendapatkan pengembalian atau manfaat yang melebihi nilai tabungan yang sudah disetorkan, baik ia dalam keadaan sehat, atau dalam keadaan ketidakmampuan total, atau bahkan terjadi resiko meninggal. Lain dari investasi jangka panjang lainnya, investasi dalam asuransi ini memberikan hasil (return) pasti setelah memperhitungkan resiko kecelakaan dan kesehatan.

Investasi dalam asuransi memberikan return pasti walaupun setelah memperhitungkan resiko kecelakaan dan kesehatan

Jadi partner, memiliki asuransi itu adalah investasi jangka panjang yang baik. Tidak hanya memberikan return yang tinggi, asuransi juga melindungi partner dari resiko-resiko yang dapat terjadi. Sudah tertarik dengan asuransi dan ingin mendapatkan informasi lebih lengkap? Yuk isi data diri partner di Contact Us.

Produk yang digunakan dalam ilustrasi ini adalah Manulife Value Protector Absolute dengan menambahkan Manulife Income Replacement (MIR).

Sumber: https://pinterpinterberasuransi.wordpress.com/2015/09/09/menabung-di-asuransi-sama-dengan-berinvestasi-ketidakmampuan-total/

Asuransi sebagai investasi jangka panjang
Tagged on:                                         

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>